WNI di Stockholm Swedia Antusias Berikan Hak Suara Pemilihan Umum 2019

Puluhan antusias mengantre di Wisma Duta RI, Lidingo, Stockholm pada Sabtu, 13 April 2019. Hari itu ialah tanggal yang ditetapkan selaku hari pemungutan suara untuk WNI yang Ada di wilayah akreditasi KBRI Stockholm, Swedia.

“Walau mengantre akan tetapi menyenangkan, saya Hadir bersama-sama suami dan juga rekan-rekan WNI lain untuk nyoblos,” ucap salah seorang WNI, Nova Mandang dalam siaran pers KBRI Stckholm yang diterima Okezone, Minggu (14/4/2019).

Aktifitas pemungutan suara di Wisma Duta RI di Stockholm ini berlangsung semenjak jam 08.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Sebelum aktifitas pemungutan suara ini berlangsung, PPLN dan KPPSLN yang bertugas sudah berkumpul semenjak jam 05.30 untuk persiapan akhir dan doa bareng yang dipimpin langsung oleh Dubes RI untuk Swedia dan Latvia, Bapak Bagas Hapsoro.

“Alhamdulilah seluruh persiapan pemungutan suara sudah sepenuhnya siap, dan Insya Allah aktifitas pemungutan suara hari ini berjalan lancar dan berhasil,” ucap Dubes Bagas sambil memperlihatkan jari kelingking yang sudah terkena tinta, tanda sudah mencoblos.

Sebagian WNI yang datang berasal dari kalangan maha siswa yang tengah menempuh pendidikan di Swedia. Kalangan milenial tersebut Sampai berbondong-bondong dan dengan ceria menanti antrian untuk melaksanakan pemungutan suara. “Suka banget, ini pengalaman pertamaku nyoblos Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden,” kata Anisha Kristina, yang juga WNI di Swedia.

Dengan hitungan total total lebih dari 30 juta pemilih yang berumur 17 sampai 35 tahun, Pemilihan Umum kali ini mengakomodir paling banyak pemilih milenial daripada Pemilihan Umum sebelumnya.

PPLN di Stockholm beserta KBRI Stockholm mengakomodasi lebih dari 1.000 pemilih di wilayah akreditasi KBRI Stockholm, yaitu Swedia dan Latvia. Dari hitungan total itu, 905 pemilih mengambil keputusan untuk memilih melalui pos, sedangkan 260 pemilih memilih metode TPS.

“Kami mesti tetap mencegah kehadiran WNI yang masuk dalam kategori Daftar Pemilih Tambahan dan Daftar Pemilih Spesial, akan tetapi Insya Allah seluruh sudah diperhitungkan dengan baik,” ucap Ketua PPLN di Stockholm, Monica Utari Mariana.

Di Swedia sendiri, pemilih yang berdomisili di Kota Stockholm dan Uppsala kebanyakan memilih untuk mempergunakan metode TPS, sedangkan yang berdomisili di kota besar lain di Swedia, seperti Gothenburg dan Malmo, kebanyakan memilih melalui pos.

Dalam aktifitas pemungutan suara di Stockholm tersebut, para pemilih diberikan Sarana penjemputan dari stasiun Metro terdekat, yaitu Ropsten. Hal ini untuk mengakomodasi pemilih yang Sampai dari tempat tinggal yang jauh dari Wisma Duta RI. Kecuali itu, disediakan konsumsi yang Adalah masakan tradisional Indonesia, seperti nasi kuning dan ramesan.

Kecuali di Swedia, Ada sejumlah PPLN dan Perwakilan RI di negara lain yang melaksanakan aktifitas pemungutan suara di tanggal 13 April 2019, di antaranya Abuja, Canberra, dan New York. Adapun aktifitas pemungutan suara di Luar Negeri tersebar di beberapa tanggal yaitu 8-14 April 2019. Walaupun seperti ini, proses penghitungan suara tetap dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019. [okezone.com]

Source link

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *