Saudi Sita 13 Kapal Bermuatan Makanan dan BBM yang Ke Yaman

YAMAN – Menurut seorang pejabat maritim Yaman, gabungan Saudi sudah menyita belasan kapal bermuatan turunan energi dan makanan yang ke negara Arab miskin yang tengah dilanda bencana kemanusiaan itu, padahal faktanya kapal-kapal tersebut sebelumnya sudah memperoleh izin yang diperlukan dari PBB.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya di pelabuhan Hodeidah itu menjelaskan ke jaringan televisi al-Masirah pada hari Rabu (04/12) bahwa 13 kapal waktu ini masih terdampar di pelabuhan Jizan di barat daya Arab Saudi.

Ia menambahkan bahwa kapal-kapal tersebut sudah menjalani pemeriksaan oleh PBB dan memperoleh surat-surat yang diperlukan.

Baca:WHO: 250.000 Penduduk Yaman Terancam Mati Kelaparan

Pernyataan itu dikeluarkan sehari sesudah Yemen Petroleum Company Mempublikasikan dalam sebuah pernyataan bahwa gabungan yang dipimpin Saudi dengan tegas Tidak mau untuk mengizinkan kapal tanker berlayar ke Yaman dan menurunkan muatan mereka di sana.

Baca :
Memalukan, Member DPRD Sumbar Provokasi Turunkan Presiden Jokowi, Ditegur Maha siswa

Pernyataan itu menulis bahwa aliansi Saudi menahan 5 kapal bermuatan bensin dan solar untuk menaikkan kesengsaraan penduduk Yaman.

Kapal diadukan membawa 84.837 liter bensin dan 53.004 liter diesel.

Baca: Yaman: Tiap-tiap 10 Menit Balita di Bawah Umur 5 Tahun Mati Sebab Kelaparan

Pada 23 November, menteri kesehatan masarakat dan warga Yaman menjelaskan diperkirakan saban 10 menit seorang anak di bawah usia 5 tahun meninggal sebab kelaparan ekstrem di negara itu, mengingatkan bahwa blokade yang dipimpin Saudi yang terus berlangsung juga memakan banyak korban pada bayi yang baru lahir. (WS)

Warta Batavia by alfiani wardah

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *