Rusia dan China, Argumentasi AS Jual Senjata ke Saudi

WASHINGTON – Menteri Pertahanan sementara Amerika Serikat (AS), Patrick Shanahan mengungkap argumentasi mengapa akhirnya AS memutuskan untuk menjual senjata ke Arab Saudi. Shananhan menyebut, argumentasi itu ialah Rusia dan China.

Shanahan menerangkan, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan senjata untuk Saudi dan juga Uni Emirat Arab (UEA) sebagai bagian dari usaha untuk mencegah China atau Rusia mengisi kekosongan itu.

“Situasi dengan Saudi dan UEA ialah bagaimana kita memberi mereka Penjualan Angkatan bersenjata Asing untuk membela diri? Dan sesungguhnya, Inti dari semua ini ialah responsif dalam lingkungan ancaman tinggi ini,” ucap Shanahan.

“Kemudian yang ke-2, jikalau mereka tidak berbelanja dari AS, di mana kami ialah mitra yang amat kuat, maka karena argumentasi keamanan, mereka akan beralih ke China atau Rusia,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (12/6).

Sementara itu, Minggu lalu Komite Senat untuk Hubungan Luar Negeri menerangkan bahwa mereka akan memperkenalkan 22 resolusi terpisah untuk memblokir perjanjian senjata pemerintahan Donald Trump dengan Saudi dan UEA, serta menjelaskan dengan tegas kembali peran Kongres dalam Setuju penjualan senjata ke pemerintah asing.

Para senator menerangkan cara di mana pemerintahan Trump telah bergerak maju dalam penjualan senjata tidak pernah terjadi sebelumnya. Hal ini dinilai bertentangan dengan praktik dan kerja sama yang telah berlangsung lama antara Kongres dan cabang eksekutif.

(esn)

Warta Batavia by alfiani wardah

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *