Presiden Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Semua TPS Melbourne Australia

Sebanyak 22 TPS di Melbourne, Australia, sudah selesai melaksanakan penghitungan suara dalam pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia. Suara pasangan 01, Jokowi (Jokwi) – Ma’ruf Amin, menyapu bersih perolehan suara.

Diadukan ABC News, Rabu (17/4/2019), sampai pukul 21.30 waktu Melbourne, pasangan Presiden Jokowi-Ma’ruf memperoleh 6.963 suara.

Sementara pasangan 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, meraih 863 suara dan 120 surat suara dinyatakan tidak sah.

Masih ada 1 TPS lagi yang belum dihitung, ialah suara dari para pemilih yang mencoblos lewat pos yang masih dalam proses perhitungan, dengan perkiraan suaranya mencapai 800 orang.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Melbourne mengumumkan hitungan total pemilih tetap di Melbourne yang telah ditetapkan ialah 13.429 orang dan cuma 61 % yang mempergunakan hak pilihnya.

Suara untuk pasangan 01 unggul signifikan dibandingkan suara 02 di nyaris seluruh TPS KJRI Melbourne. Dapat dikatakan, hasil sementara dari lebih dari 80 % penduduk yang Hadir mencoblos memilih Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Sementara di Sydney, PPLN Sydney mengumumkan perhitungan suara masih dikerjakan di 18 TPS di negara bagian New South Wales, 2 di Queensland, dan 2 di Australia Selatan.

Ketua PPLN Sydney menjelaskan, sampai waktu ini suara pasangan 01 juga unggul di banyak TPS, tapi hasil resminya baru akan dirilis Kamis (18/04).

“Kita telah melakukannya semenjak pukul 08.00 tapi sebab keterbatasan tempat KJRI Sydney yang terbatas kita membaginya jadi 3 shift,” ucap Ketua PPLN Sydney, Heranudin.

Menyusul laporan soal rekomendasi Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) supaya pemungutan suara lanjutan di Sydney dikerjakan, PPLN Sydney masih menanti langkah seterusnya.

sebelum ini PPLN Sydney diadukan mengambil keputusan menutup gedung Sydney Town Hall pada pukul 18.00 pada Sabtu (13/04) sore, padahal ratusan orang masih mengantre di luar gedung untuk memberikan suara.

Lewat Facebook, beberapa penduduk Indonesia yang tinggal di kota lainnya, seperti Canberra dan Brisbane juga mengirimkan foto hasil penghitungan suara di sejumlah TPS dan memperlihatkan kalau pasangan 01 unggul.

Di Melbourne, penghitungan suara baru dikerjakan kisaran pukul 17.00 pada Rabu (17/04). PPLN, termasuk Kubu Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang bertugas di TPS, serta para saksi dan penduduk lainnya telah berkumpul sebelum pukul 16.00.

Penghitungan suara di tiap-tiap TPS disaksikan oleh sejumlah saksi dari partai dan penduduk lainnya.

Kendati lancar, beberapa suara masih wajib dipastikan sah sebab beberapa ada yang mencoblos lebih dari 1 kali di kertas suara, ada pula yang tidak berlebihan kelihatan coblosannya.

Konsulat Jend. RI di Melbourne, Spica A Tutuhatunewa, menjelaskan amat puas dengan proses pemilihan umum di negara bagian Victoria dan Tasmania.

“Kita telah bekerja secara profesional, teman-teman PPLN, KPPSLN, Panwaslu, KJRI seluruh menjaga supaya suasana tetap rukun dan bersaudara,” ujarnya, untuk ABC News.

Dia juga memuji netralitas mereka yang bekerja di lapangan selama Pemilihan Umum berlangsung serta minat beberapa penduduk yang ikut datang Mengawasi penghitungan suara.

Banyak di antara mereka yang bertugas di TPS mengklaim bahwa sebuah pengalaman luar biasa untuk ikut jadi bagian dari pemilihan umum.

meskipun merasa suka menyaksikan tingginya antusias penduduk Indonesia yang datang waktu pencoblosan, Tutuhatunewa menginginkan dalam Pemilihan Umum seterusnya, warga ikut himbauan PPLN untuk mendaftarkan diri selaku pemilih.

sebelum ini, PPLN dan KJRI Melbourne memberikan waktu setahun untuk penduduk Indonesia mendaftarkan diri selaku pemilih tetap.

“Ruang perbaikannya ialah warga untuk melakukan registrasi diri selaku pemilih tetap dan jangan Hadir begitu saja ke KJRI,” ujarnya. [inews.id]

Source link

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *