PM Jepang Kunjungi Iran

PM Jepang Kunjungi Iran

Warta Batavia, TEHERAN – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe waktu ini dalam perjalanan ke Iran untuk melakukan Lawatan legal. Ini ialah Lawatan ke-1 seorang perdana menteri Jepang ke Teheran selama lebih dari 40 tahun, dalam rangka membantu meredakan ketegangan antara Republik Islam Iran dan Amerika Serikat.

Perdana Menteri Abe meninggalkan Tokyo ke Teheran pada hari Rabu pagi (12/06).

Selama Lawatan 2 hari ke Iran, Abe akan berjumpa Presiden Iran Hassan Rouhani. Ia Diplaningkan untuk berjumpa dengan Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei pada hari Kamis.

Baca: Jepang Tegaskan Sokongan ke Tekad bulat Nuklir Iran

Lawatan ini dimaksudkan untuk fokus pada ketegangan antara Iran dan AS, yang telah meningkat semenjak Mei 2018, waktu Presiden Donald Trump secara sepihak Mundur dari Tekad bulat multilateral dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi.

Trump juga menjatuhkan sanksi ke negara ketiga yang akan melakukan bisnis dengan Republik Islam. Mengandalkan pada minyak Iran, Jepang ialah bagian negara tersebut.

Pengamat politik percaya bahwa Trump meminta Abe berbicara dengan pihak berwenang Iran sebagai Kesempatan untuk menemukan jalan keluar dari kebuntuan waktu ini yang dibuat oleh pemerintahannya sendiri. (ARN)

Source by Ahmad Fawas

Warta Batavia by alfiani wardah

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *