PBB: Pendudukan Israel Rugikan Ekonomi Palestina 2,5 Miliar Dolar Pertahun

PALESTINA – Sebuah laporan PBB menjelaskan pendudukan rezim Israel sudah merugikan ekonomi Palestina lebih dari 2,5 miliar dolar tiap-tiap tahun selama nyaris 2 dekade terakhir, dan terus meningkat.

Laporan oleh Konferensi PBB soal Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), pada hari Senin (02/12)berjudul ‘Ongkos ekonomi pendudukan Israel untuk rakyat Palestina: Aspek fiskal’ menjelaskan bahwa total kebangkrutan fiskal untuk pemerintah Palestina antara tahun 2000 dan 2017 diperkirakan sebesar 47,7 miliar dolar.

Laporan itu menambahkan bahwa angka tersebut nyaris 3 kali lipat dari ukuran ekonomi Palestina pada tahun 2017, dan terdiri dari hilangnya pendapatan publik dan pembayaran bunga.

Baca: Hamas: Seluruh Komitmen Anti-Palestina Pasti Gagal

Lebih detail dicatat bahwa perkiraan ongkos fiskal kumulatif pekerjaan termasuk 28 miliar dolar dalam bentuk bunga yang masih wajib dibayar, dan 6,6 miliar dolar dalam kebocoran dari pendapatan fiskal Palestina.

Baca :
Majalah Amerika: Warga Raqqah Suriah Rindu Kembali ke Pemerintahan Bashar Assad

Dikatakan hitungan total itu akan cukup untuk menghilangkan defisit anggaran pemerintah Palestina sebesar 17,7 miliar selama periode yang sama, tetapi juga akan menghasilkan surplus nyaris 2 kali lipat dari ukuran deficit tersebut.

Laporan PBB juga menyorot bahwa ekonomi Palestina akan menghasilkan 2 juta Kesempatan kerja selama periode 18 tahun, dengan rata-rata 111.000 pekerjaan tiap-tiap tahun, kalau ongkos fiskal 48 miliar tidak hilang tetapi disuntikkan melalui keputusan strategi fiskal ekspansif. (WS)

Warta Batavia by alfiani wardah

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *