Masjid Kampus Jadi Gerbang Inti Masuknya Paham Radikal, Waspadalah!

Baca Juga

Radikalisme. Ilustrasi: Istimewa.

Warta Sunda – Pengalaman Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menangani Perkara terorisme, masjid kampus dan aktifitas kajian agama di kampus jadi gerbang masuknya paham radikal untuk maha siswa.

Hal ini disampaikan Direktur pencegahan BNPT Brigjen Pol Hamli setelah jadi pembicara dalam Dialog pelibatan civitas akademika di kampus Universitas Jember, Rabu (24/07/2019) lalu.

Oleh sebab itu, Hamli meminta semenjak dini kampus wajib memberikan pemahaman terkait agama dan bermacam problem sosial budaya serta menumbuhkan rasa nasionalisme untuk maha siswa.
“Misalnya di waktu penerimaan maha siswa baru. Kampus juga diminta aktif membikin regulasi yang terang di bidang aktifitas kemahasiswaan,” katanya.

Terpisah, Menristekdikti Mohamad Nasir menjelaskan akan mendata Nomor telepon dan akun media sosial (medsos) milik guru besar, pegawai, dan maha siswa di kampus akan di pada awal tahun kalender akademik 2019/2020. Pendataan ini untuk menjaga perguruan tinggi dari paparan radikalisme dan intoleransi.

Dengan pendataan itu, lanjut Nasir, maka kalau ada ucapan soal radikalisme atau intoleransi yang mereka lakukan akan dapat dilacak melalui media sosial atau nomor teleponnya.

“Itu baru kita lacak. Oh, ternyata mereka punya jaringan ke organisasi ini,” ucap Nasir dalam konferensi pers penerimaan maha siswa baru di Kantor Kemenristekdikti, Jumat (26/07/2019) dilansir dari Republika.co.id.

Tapi kalau tidak ada unggahan soal radikalisme atau intoleransi, maka tidak akan dilacak.

Nasir mengumumkan tidak bermaksud membatasi aktivitas maha siswa, seperti unjuk rasa atau kebebasan berpendapat. Namun ia tidak mau kalau dalam unjuk rasa dipakai untuk menyokong radikalisme atau intoleransi. Bagian Perkara yang ramai dalam problem ini ialah Prof Suteki, guru besar dari Univesitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, yang dinonaktifkan tahun lalu. [Warta Sunda/pin]

Source link

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *