Lagi, Rusia Tawarkan Jet Perang Siluman Su-57 ke India

MOSKOW – Rusia kembali menawarkan pesawat jet perang siluman generasi kelima, Sukhoi Su-57, ke Angkatan Udara India (IAF). Penawaran penjualan itu sebagai usaha Moskow mempertahankan posisinya sebagai penyedia perangkat keras pertahanan terbesar bagi New Delhi.

“Saya percaya bahwa kita wajib meneruskan proyek ini, Rusia terbuka untuk itu. Kami siap dan mengusulkan program ini ke mitra India kami,” kata Wakil Direktur Servis Federal Rusia untuk Angkatan bersenjata dan Kerjasama Teknis (FSMTC) Vladimir Drozhzhov, seperti dikutip Zee News, Kamis (11/7/2019).

menurutnya, Sukhoi Su-57 ialah pesawat multiperan generasi kelima yang amat cakap dengan kesanggupan unik.

Pernyataan Drozhzhov muncul beberapa bulan sesudah Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov menerangkan ke kantor berita Interfax pada akhir Maret 2019 bahwa Su-57 ialah jet siluman supersonik teranyar di dunia dan Angkatan Udara India (IAF) akan tertarik untuk mempunyai pesawat mematikan tersebut di armadanya.

Menurut Manturov, India ialah pembeli terbesar senjata Rusia, dan Su-57 yang dikenal sebagai Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA atau T-50) akan menarik bagi IAF. “Keyakinan pada pemasok ialah bagian faktor kunci waktu Datang untuk berbelanja persenjataan semacam ini,” kata Manturov.

IAF waktu ini mengoperasikan sejumlah pesawat perang Su-30 MKI. Jet perang itu dianggap sebagai pesawat paling andal oleh para pilot India.

Pembuat Su-57, Rostec dan United Aircraft Corporation (UAC), telah mengusulkan permintaan untuk mengekspor pesawat perang tersebut dan tengah menunggu izin dari Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum secara legal menawarkan jet itu ke kastemer potensial.

Versi ekspor akan disebut Su-57E dan akan secara legal diluncurkan pada November 2019 di Dubai Air Show. Direktur Kerja Sama Internasional dan Keputusan taktik Regional Rostec, Viktor Kladov, menerangkan India dan China ialah pembeli potensial Su-57 karena IAF dan PLAAF (Angkatan Udara Serdadu Pembebasan Rakyat) sudah menerbangkan versi yang tidak sama dari sejumlah jet perang Sukhoi.

Su-57 didesain dan dibangun untuk mendominasi langit dan menghancur-leburkan target udara, darat dan laut baik dalam jangkauan visual maupun di luar jangkauan visual. Jet perang siluman ini dilengkapi bermacam rudal dan bom pintar.

(mas)

Warta Batavia by alfiani wardah

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *