Keutamaan Puasa Sunnah Asyura

Penjelasan puasa asyura (sumber: istimewa)

Puasa Asyura atau puasa pada hari kesepuluh bulan Muharram mempunyai keutamaan yang agung. alasannya, orang yang berpuasa Asyura akan memperoleh pahala yang besar.

Warta Sunda – Di dalam hadis yang diriwayatkan Abu Qotadah dijelaskan, bahwa orang berpuasa di bulan Muharram pada tanggal 10 (hari Asyura) akan dihapuskan dosa-dosa setahun yang lampau. Tentunya, ini Adalah pahala yang besar dari Allah SWT.

Penjelasan terkait Pembalasan puasa Asyura terekam dengan terang dari dialog Nabi Muhammad SAW. Pada waktu itu, Rasulullah ditanya mengenai hal keistimewaan puasa Asyura. Lantas beliau menjawab, menghapus dosa-dosa setahun lalu.

Baca: 5 Amalan Inti di Bulan Muharram

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata, “Rasulullah Sawditanya Soal keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan Hadir.” Beliau juga ditanya Soal keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Hadis di atas mempertegas bahwa Nabi Saw amat menganjurkan ummat Islam untuk berpuasa pada hari Asyura. Karena, pahala dan keutamaan puasa Asyura amat besar.

Walaupun Nabi Saw amat menganjurkan, puasa Asyura cuma bersifat sunnah. Hal itu sebagaimana dikatakan Imam Zakariya al-Anshori di dalam kita Asnal Matholib.

 وَإِنَّمَا لَمْ يجب صَوْم عَاشُورَاءَ لِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ «إنَّ هَذَا الْيَوْمَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ وَلَمْ يُكْتَبْ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْ»

“Puasa Asyura tidak bersifar wajib berdasar hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, “Sesungguhnya hari ini, hari Asyura tidak diharuskan atas engkau sekalian berpuasa. Barangsiapa yang ingin berpuasa, maka berpuasalah. Dan barangsiapa yang ingin berbuka, maka berbukalah” (Kitab Asnal Matholib, juz 1, hal, 431)

Baca: Keutamaan Bulan Muharram

Kecuali keutamaan hari Asyura sebab banyak kejadian penting yang terjadi di hari tersebut. Di antaranya ialah selamatnya Nabi Nuh dari banjar besar, kemenangan Nabi Musa atas Fir’aun dan lain sebagainya. [Warta Sunda/in]

Source link

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *