Jepang Mengakui Siap Tengahi Konflik Israel-Palestina

TOKYO – Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono menerangkan, Tokyo siap untuk memainkan peranan dalam membantu menuntaskan konflik antara Israel dan Palestina. Dia menerangkan, Jepang siap jadi penengah konflik itu.

“Kita dapat memainkan peranan sebagai penengah yang jujur di Timur Tengah, karena kita tidak mempunyai sejarah kolonial atau jejak negatif di wilayah ini,” kata Kono, seperti dilansir Arab News pada Kamis (4/7).

Kono menerangkan, memastikan stabilitas di wilayah Timur Tengah ialah bagian kepentingan negaranya. Alasannya, Jepang Mengandalkan pada produk-produk dari wilayah Timur Tengah, khususnya minyak.

Oleh karena itu, papar Kono, Jepang amat mengutuk serbuan ke kapal-kapal tanker di wilayah Timur Tengah. Bagian kapal tanker yang jadi korban ialah kapal milik perusahaan Jepang.

“Energi kita tergantung pada impor, sebagian besar dari wilayah Teluk. 4 puluh % dari minyak mentah yang kita impor berasal dari Arab Saudi, 80 % dari minyak mentah dan 20 % dari gas yang kita impor melewati Selat Hormuz. Jadi, stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah terhubung langsung dengan ekonomi kita,” ungkapnya.

“Jepang mengutuk keras tiap-tiap serbuan ke kapal yang melewati Selat Hormuz dan kami amat mengutuk serbuan Houthi dengan rudal dan drone pada orang-orang Arab Saudi dan Fasilitas Saudi,” tukasnya.

(esn)

Warta Batavia by alfiani wardah

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *