Inilah Lafadz Doa Akhir Tahun

Bacaan doa akhir tahun (sumber:istimewa)

Menjelang akhir bulan Dzulhijjah, ummat Islam selalu membaca doa akhir tahun. Doa akhir tahun dibaca sesudah melakukan ibadah shalat Ashar.

Warta Sunda – Membaca doa akhir tahun selaku pertanda bergantinya tahun dengan harapan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Doa akhir tahun memuat bermacam permintaan supaya dosa-dosa yang sudah lalu memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Kecuali itu tatkala berdoa akhir tahun, ummat Islam meminta supaya apa yang sudah ditunaikan memperoleh ridha Allah SWT. Sehingga di akhir bulan Dzulhijjah, mereka menggunakan Peluang Baik akhir tahun dengan doa selaku bentuk kepasrahan tertinggi untuk Allah.

Baca: Keutamaan Bulan Muharram

Di dalam kitab fasholatan, Kyai Sakhowi Amin Pekalongan menerangkan bahwa tatkala orang yang membaca doa akhir, syaithan akan merasa rugi. Sebab, apa yang sudah dilakukannya selama setahun jadi sia-sia. Doa akhir tahun dibaca sebanyak 3 kali.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدِ جُرْأَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَللًّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Tuhanku, saya meminta ampun atas perbuatanku di tahun sekarang, termasuk melaksanakan hal-hal yang Kamu larang, tidak Kamu ridhai serta Kamu tidak lupa. Sementara saya belum sempat bertobat. Sebab kemurahanMu,  perbuatanku Kamu ampuni, padahal Engkau sanggup menyiksaku. Dan Engkau menyerukan bertobat sesudah saya punya nyali berbuat maksiat kepadaMu.

Tuhanku, saya memohohon ampunanMu atas segala yang sudah kulakukan dan menjadikannya termasuk apa yang Engkau ridhai dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu.

Baca: 5 Amalan Inti di Bulan Muharram

Tuhanku, Maha Pemurah dan Maha Agung, saya berkeinginan Kamu Menerima segala perbuatanku dan janganlah putuskan harapanku. Wahai dzat yang maha pemurah.

Demikianlah lafazd doa akhir tahun yang biasa dipanjatkan ummat Islam di akhir bulan Dzulhijjah. Semoga doa akhir tahun tersebut jadi wasilah meraih ridha dan rahmat Allah SWT [Warta Sunda/in]

Source link

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *