FPI Minta Pemerintah Bayarkan Denda Overstay Habib Rizieq di Arab Saudi

Habib Rizieq Shihab. (Foto: istimewa)

Warta Sunda – Berita penghalang kepulangan Habib Rizieq Shihab sebab Overstay di Arab Saudi ditanggapi oleh Ketum FPI Sobri Lubis.

Dia menilai, pemerintah wajib bertanggung jawab atas denda yang dibebankan Kerajaan Arab Saudi ke Habib Rizieq, akibat overstay atau melebihi izin tinggal.

Menurut Sobri, pemerintah lah yang menyebabkan Rizieq tertahan di Arab Saudi meski izin tinggalnya sudah habis.

Sobri mengakui, pentolan FPI tersebut sesungguhnya telah berulangkali mencoba pulang ke Indonesia. Akan tetapi, sampai tahun 2018 sampai visa izin tinggalnya di Arab Saudi habis, Habib Rizieq tidak dapat pulang.

“Berkali kali dia usahakan keluar (Arab Saudi) tapi tetap dicekal. Habib Rizieq beberapa kali Hadir ke instansi-instansi terkait menanyakan apa karena dia dicekal, semuanya tidak dapat jawab, artinya kan ini pesanan, artinya ada pihak yang memesan, takut dia kembali ke Indonesia seperti itu, sampai visanya habis, sampai overstay,” kata Sobri di Hotel Sofyan, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019) malam, sebagaimana dikutip Suara.com.

Oleh sebab itu, Sobri menilai kalau kekinian Rizieq dikenakan denda akibat overstay di Arab Saudi, maka pemerintah Indonesia lah yang wajib membayar denda tersebut. Karena, pemerintah Indonesia lah yang sudah mencekal kepulangan Rizieq sampai visa izin tinggalnya habis dan terkena denda overstay di Arab Saudi.

“Siapa yang buat dia overstay? Nah jikalau overstay itu ialah permintaan dari pemerintah Indonesia elu bayar. Elu yang buat sengsara orang kok, dibikin orang sampai overstay, ya tanggung jawab dong bayar itu dendanya,” ujarnya.

Lebih detail, Sobri menilai Rizieq sendiri sanggup untuk membayar denda overstay tersebut. Cuma, permasalahannya itu tidak pantas, lantaran Sobri mengakui itu bukan salah Rizieq.

“Jikalau pun Habib Rizieq mau itu sebentar juga dibayar dapat, cuma masalahnya itu moral, orang tidak salah telah begitu disuruh bayar denda, seakan-akan bersalah,” ungkapnya.

sebelum ini, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menerangkan apa sebetulnya penghalang kepulangan Habib Rizieq.

“Ke-1, sebab overstay. Cara penyelesaian ya bayar denda overstay kisaran 15 sampai dengan 30 ribu riyal. Rp 110 juta per orang,” kata Maftuh, Rabu (10/7/2019), sebagaimana dikutip detikcom.

Matfuh menjawab pertanyaan Soal pernyataan Dahnil soal adanya portal yang menghalangi Habib Rizieq pulang ke Indonesia.

Maftuh menjelaskan masalah pembayaran denda ini Adalah prosedur yang lumrah bagi seseorang yang overstay. Ada puluhan WNI lainnya yang overstay.

“Puluhan ribu WNA di Saudi yang overstay. Sesuatu yang biasa sesungguhnya. Siapa pun wajib bayar denda ini. Pernah ada juga akademisi dari sebuah universitas lupa tidak perpanjang visa ya kena denda juga segitu. Aturan baku Saudi,” kata Maftuh. [Warta Sunda/gg]

Source link

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *