Dipolitisasi, Rusia Upayakan OPCW Kembali ke Jalurnya

Arrahmahnews.com, NEW YORK – Rusia sudah mempresentasikan rancangan resolusi untuk Dewan Keamanan PBB untuk “mengembalikan Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW) ke jalurnya”, sebab mereka percaya pengawas kimia PBB itu sudah “dibajak untuk kepentingan politik”.

sesudah mengusulkan rancangan resolusi DK PBB, Duta Besar Rusia untuk PBB menyebut bahwa OPCW sudah dibajak oleh politik dan mandatnya keluar jalur.

“Kami berusaha mengembalikan OPCW ke jalurnya sebab (mereka sudah) keluar jalur dan sekarang amat dipolitisasi,” kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, untuk awak media.

Baca: Suriah: Laporan OPCW Full Penyimpangan Fakta

“Dulu (OPCW) senantiasa Adalah organ teknis di mana konsensus berlaku, dan sekarang kita menyaksikan bahwa itu sepenuhnya dipolitisasi, dengan agenda yang dipolitisasi dari bermacam pihak.”

“Kami ingin OPCW kembali ke tempat sebelumnya,” kata Nebenzia.

Draf teks resolusi yang dilihat oleh AFP, bertuliskan, “dengan keprihatinan atas politisasi berkelanjutan daya-kerja OPCW” yang “secara signifikan mengurangi efisiensi kegiatan-kegiatan organisasi tersebut.”

Baca: Jendral Rusia: OPCW Mesti Fokus pada Serbuan Kimia Teroris di Aleppo

Rancangan resolusi tersebut mengumumkan bahwa Dewan Keamanan, tempat Rusia memegang kekuasaan veto, ialah satu-satunya badan internasional yang dapat memberlakukan tindakan kepada negara-negara yang menabrak Konvensi Senjata Kimia. (ARN)

shared by alfiani wardah

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *