Cerita Banser Gagal Gendong Gus Muwafiq Ke ujung tertinggi Gunung Turgo

Gus Muwafiq bareng Banser dalam perjalanan ke puncak Gunung Turgo, Sleman, Yogyakarta, Senin (16/09/2019). Foto: Bangkitmedia.com.

Warta Sunda – Cerita ini terjadi waktu acara napak tilas dan haul Syekh Jumadil Kubro di Gunung Turgo Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (16/09/2019) lalu.

Makam Syekh Jumadil Kubro terletak di puncak Gunung Turgo. Perjalanan ke puncak menghabiskan waktu kisaran 1 jam lebih yang ditempuh dengan berjalan kaki melewati medan yang amat alami dan amat terjal.

Gus Muwafiq bareng sejumlah Banser naik ke puncak tersebut. Di tengah-tengah perjalanan, seorang member Banser Mendadak meminta maaf untuk Gus Muwafiq dan berkata sesudah mengucap salam terlebih dahulu.

“Saya mohon maaf dengan amat Gus. Saya tadi telah menjanjikan untuk penjenengan, mau gendong panjenegan sampai puncak Gus, tapi ternyata saya sendiri mesti susah payah ke puncak,” kata Banser.

Sontak ujaran Banser itu sukses gelak tawa Gus Muwafiq dan semua iring-iringan.

Sepeti biasa, dalam acara napak tilas dan haul Syekh Jumadil Kubro di Gunung Turgo, Banser sungguh telah siap siaga nyaris di seluruh titik tempat acara. Ada yang mengganti mengawal kyai, beradaptasi yang disetujui jemaah, lalu lintas sampai Banser yang menggantikan merapikan parkir mobil maupun motor.

Perjalanan ke puncak terus berlanjut dan sesekali istirahat meneguk air yang dibawa dari bawah.

“Ini belum ada apa-apanya dibandingkan perjuangan para ulama dulu,” tegas Gus Muwafiq.

“Makam Sunan Ampel telah diartikan anak cucunya, Sunan Bonang juga sama, Sunan Kalijaga juga sama, Sunan Gunung Jati juga diartikan indah, bahkan Sunan Muria di puncak gunung juga telah dapat menerjemahkan anak cucunya. Masak kita selaku anak cucu yang ada di sini tidak ikut merawat makam Syekh Jumadil Kubro?. ”

Inilah pesan yang senantiasa disampaikan Gus Muwafiq untuk seluruh peserta ziarah. [Warta Sunda/pin]

Penjelasan: Disadur dan diedit dari Bangkitmedia.com dari berita berjudul ‘Tidak Kenal Lelah, Banser Amat Suka Ngawal Gus Muwafiq Naik ujung tertinggi Turgo’ dan ‘Cerita Banser Ingin Gendong Gus Muwafiq ke ujung tertinggi Gunung Turgo’

Source link

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *