AS Desak Jerman Ikuti Patroli Berbarengan di Selat Hormutz

BERLIN – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Jerman, Richard Grenell mendesak Berlin untuk ikut terlibat dalam patroli berbarengan di Selat Hormutz. Grenell merilis, Jerman mempunyai kewajiban untuk dipenuhi.

“Jerman ialah power ekonomi terbesar di Eropa. Keberhasilan ini membawa tanggung jawab global,” katanya waktu melakukan Tanya Jawab dengan media Jerman, Augsburger Allgemeine, seperti dilansir Reuters pada Kamis (1/8).

Dalam Tanya Jawab itu, Grenell menerangkan utusan bahwa Presiden AS, Donald Trump tidak suka Jerman ingin menghindari konflik dan meminta kesadaran dari Jerman untuk ikut dalam misi tersebut.

“Amerika telah berkorban banyak untuk membantu Jerman tetap jadi bagian dari Barat,” kata Grenell untuk surat berita itu, seraya menambahkan bahwa Amerika membayar sejumlah besar untuk34.000Tentara yang akan ditempatkan di Jerman.

Sementara itu, sebelumnya Wakil Kanselir dan Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, mengakui skeptis dengan permintaan AS untuk Bergabung dengan misi angkatan bersenjata di Selat Hormuz.

Scholz menerangkan penting untuk menghindari eskalasi angkatan bersenjata di wilayah itu dan misi semacam itu membawa risiko diseret ke dalam konflik yang bahkan lebih besar. “Itu sebabnya saya pikir ini bukan ide yang baik,” ujarnya

(esn)

Warta Batavia by alfiani wardah

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *