5 Roket Hantam Pangkalan Udara AS di Irak Barat

IRAK – Sebuah serbuan roket menghantam pangkalan udara Tentara AS di Irak barat, yang terkenal sesudah Presiden AS Donald Trump dan komandan keduanya menggelar Lawatan mendadak ke sana.

Sebuah pernyataan angkatan bersenjata Irak yang dilansir oleh Reuters menjelaskan total 5 proyektil jatuh di pangkalan Ain al-Asad di Provinsi al-Anbar Irak pada hari Selasa (03/12).

Pernyataan itu menambahkan bahwa tidak ada laporan korban lalu tidak memberikan rincian lebih detail. Belum ada orang atau kubu yang mengklaim bertanggung jawab atas serbuan ini.

Baca: Wapres AS adakan Lawatan Mendadak ke Irak

Desember lalu, Presiden AS Donald Trump melaksanakan Lawatan mendadak ke Sarana itu, tanpa memberitahu Baghdad sebelumnya, memotivasi penduduk sipil dan politisi Irak untuk memprotes sikapnya yang mengganggu.

Baca :
VIDEO: Iran Tembak Jatuh Drone, AS Merespon

sesudah Lawatan Trump, beberapa member parlemen Irak bahkan mengusulkan supaya negara itu mengeluarkan Tentara AS selaku tanggapan atas pengabaian Washington atas kedaulatan negara mereka.

Bulan lalu, Cawapres AS Mike Pence melaksanakan Lawatan “kejutan” yang identik dengan kelakuan Trump ke pos terdepan AS tersebut dengan dalih merayakan Thanksgiving bersama-sama Tentara negaranya.

Beberapa serbuan roket terjadi beberapa kali di pangkalan-pangkalan Irak yang menampung Tentara AS dan juga misi asing di Baghdad semenjak Oktober, waktu protes jalanan pecah di beberapa kota Irak sebab problem ekonomi.

Protes sering berubah jadi aksi anarkis, dengan bentrokan antara Tentara keamanan dan Demonstran. Total 17 roket sudah diluncurkan di dekat pangkalan udara Irak yang menampung Tentara AS. (WS)

Warta Batavia by alfiani wardah

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *