hadits tentang doa di bulan ramadhan

3 Keutamaan Berdo’a di Waktu Ramadhan

Diposting pada

Keutamaan waktu berdoa di bulan ramadhan. Foto: istimewa

Ada 3 keutamaan waktu terkabulnya doa di bulan suci ramadhan. Seperti halnya “raihlah keutamaan tersebut dengan terus memperbanyak doa”.

Warta Sunda– Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya menganjurkan untuk memperbanyak do’a waktu bulan suci ramadhan, bahkan diperintahkan memperbanyak do’a tersebut di saban kali berbuka puasa. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 66).

Perihal Ramadhan ialah bulan do’a berdasar hadits dari Jabir bin ‘Abdillah RA, Nabi Saw bersabda:

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada saban hari di bulan Ramadhan, dan saban muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14, Jami’ul Ahadits, 9: 224)

Baca :
Ada Protes Pondok NU Bernama Ibnu Taymiyah yang Dinilai Dedengkot Wahabi, Ini Respon Kyai Cholil Nafis

Baca: Hukum Membalikkan Telapak Tangan Saat Berdoa

Ada 3 waktu Inti terkabulnya do’a di bulan ramadhan:

1- Waktu sahur

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Sawbersabda:
“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia waktu tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Saya kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Saya beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Saya ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758). Ibnu Hajar juga menerangkan hadits di atas dengan berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32).

Hadits Mengenai hal Do’a di Bulan Ramadhan

2- Waktu berpuasa

Baca :
Salah Kaprah Plus Hoax Masalah Server KPU Dihack Dapat Rusak Suara

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Sawbersabda:
“3 orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305)

3- Saat berbuka puasa

Nabi saw bersabda:
“Ada 3 orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa waktu dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752)

Baca: [Kerja dan Doa] Hujan Turun Begitu KH Nawawi Banten Doa Jawa di Depan Ka’bah

Semoga Allah memperkenankan saban do’a kita di bulan suci ramadhan ini dan kita dapat mensucikan diri kita…Aamiin Yaa Rabb. [dutaislam/ka]

Baca :
Sama dengan Indonesia, Arab Saudi Tetapkan Idul Kurban 11 Agustus

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *