3 Hal Keistimewaan Bulan Ramadhan

Penjelasan 3 hal keistimewaan bulan Ramadhan (sumber: nu.or.id)

Puasa Ramadhan Adalah ibadah yang istimewa bagi ummat Islam. Di bulan Ramadhan, Allah SWT sudah menghamparkan pintu maghfiroh terbuka lebar.

Warta Sunda – Bulan Ramadhan ialah Kesempatan Emas penghapusan dosa bagi siapapun yang melakukan ibadah puasa Ramdhan dengan didasari keimanan, dan keihlasan. Kalau tidak didasari keduanya, kita tidak akan memperoleh apa-apa kecuali rasa lapar dan dahaga.

Secara bahasa puasa bermkan al-imsak atau menahan. Adapun secara istilahi puasa ialah menahan diri dari segala yang membatalkannya dari segala yang membatalkannya, dari fajar sampai terbenam matahari.

Di samping menjaga dari segala hal yang membatalkan, waktu berpuasa, ummat Islam juga menjauhi segala dosa atau kemaksiatan. Subansi berpuasa bukan cuma menahan diri dari hal-hal yang bersifat fisik, tapi juga menjaga hatinya supaya tidak ternodai perbuatan dosa.

خمس يفطرن الصائم الكذب والغيبة والنميمة واليمين الكاذبة والنظر بشهوة

“5 hal yang merusak orang puasa, yaitu bohong, gosip, mengadudomba, janji palsu dan menyaksikan dengan syahwat.”

Langkah-langkah di atas dikerjakan supaya memperoleh keistimewaan bulan Ramadhan. Berikut 5 hal istimewa mengenai hal bulan Ramadhan.

1. Bulan Berlimpahnya Keberkahan

Di bulan Ramadhan, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu-pintu surga dan menutup rapat-rapat pintu neraka serta membelenggu syetan-syetan yang terkutuk. Keberkahan bulan Ramadhan kian besar dengan kehadiran malam lailatul qadr.

قد جاءكم رمضان شهر مبارك افترض الله عليكم فيه صيامه تغتح فيه ابواب الجنة وتغلق فيه ابواب النار وتغل فيه الشياطين فيه ليلة خير من الف شهر 

“Sudah Hadir ke Anda semua bulan Ramadhan, bulan full berkah, Allah sudah mewajibkan Anda semua berpuasa pada bulan itu, pada bulan itu dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan-syetan dibelenggu. Pada bulan itu pula Ada lailatul qadr yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan.” (HR Ahmad)

2. Bulan Full Ampunan

Bagian keistimewaan bulan Ramdhan ialah terbukanya pintu maghfiroh yang luas dari Allah Allah SWT. Nabi Saw dalam sebuah hadis menerangkan, garansi orang yang berpuasa dengan dilandasi keimanan dan ridha Allah SWT akan dihapuskan dosa-dosanya yang terlewat.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Siapa berpuasa Ramadhan imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang sudah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kehadiran bulan Ramadhan mesti disambut dengan gembira dan bahagia. Kemudian, bagaimana meluapkan kegembiraan kita dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan? Tentunya bukan luapan gembira dengan uforia belaka. Tetapi kegembiraan yang diaktualisasikan dengan amal saleh.

Rasa suka dengan datanya bulan Ramadhan menandakan ada keimanan yang besar dalam diri seorang muslim. Karena, orang Islam tahu betul bulan Ramadhan ialah bulan yang full berkah dan keistimewaan. Kehadiran bulan Ramadhan Adalah Kesempatan Emas untuk beribadah dan mendekatkan diri kepapada Allah SWT.

3. Kado Spesial Ummat Islam

Di bulan Ramadhan, Allah SWT sudah menjanjikan pahala puasa Ramadhan jadi tanggungjawab Allah langsung. Hal tersebut Adalah persembahan yang besar bagi ummat Islam. Sebab, Allah SWt langsung menilai sendiri ibadah yang kita lakukan.

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

“Tiap-tiap kebaikan yang dikerjakan anak Adam akan dibalas 10 kali sampai 700 kali lipat, kecuali puasa. Maka puasa bagi-Ku. Oleh sebab itu Akulah yang akan membalasnya.” (HR Bukhari Muslim).

Kado spesial lainnya ialah hadirnya malam lailatul qadar. Dalam surat al-Qadar dijelaskan, malam lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan. Alangkah bahaginya ummat Islam yang diberi anugerah oleh Allah SWT dapat menemui malam lailatul qadar. Ibadahnya semalan bernilai melebihi seribu bulan. [Warta Sunda/in]

Artikel Warta Sunda

Sedemikian penjelasan 3 Hal Keistimewaan Bulan Ramadhan. Adapun 8 Makna Bulan Ramadhan, silahkan baca di artikel selanjutnya.

Source link

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *