Tahun 2023 Kuota Haji Bertambah dan Tanpa Batasan Usia

...menteri Agama RI untuk melobi jumlah tambahan kuota haji bagi Indonesia. Hal ini disampaikan karena antrean haji di Indonesia sudah sangat panjang sampai di atas 30 tahunan sejak mendaftar.

Tahun 2023 Kuota Haji Bertambah dan Tanpa Batasan Usia

Read More

ARAB SAUDI – Grup Warta Sunda,-
Dikutip dari Kemenag.go.id bahwa pada Tahun 2023 merupakan tahun yang sangat menggembirakan bagi penyelenggaraan haji di Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama yang di wakili oleh Menteri Agama dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M.

Kesepakatan tersebut ditandatangani langsung oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah.

Dalam kegiatan tersebut turut menyaksikan beberapa pejabat lainnya, diantaranya, Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi, Dirjen Penyenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah. Selain itu hadir juga Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali, Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Menteri Agama RI menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun 2023 sebesar 221.000 jemaah, yang terdiri dari 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus, dan 4.200 kuota untuk petugas,

Tahun 2023 disepakati juga tidak adanya pembatasan usia. Tahun sebelumnya pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah haji dikarenakan pandemi covid-19 yang mensyaratkan usia jemaah haji 2022 di bawah 65 tahun. Namun Tahun 2023 jemaah dengan usia di atas 65 bisa melaksanakan ibdaha haji.

Pada pertemuan tersebut juga dimanfaatkan oleh menteri Agama RI untuk melobi jumlah tambahan kuota haji bagi Indonesia. Hal ini disampaikan karena antrean haji di Indonesia sudah sangat panjang sampai di atas 30 tahunan sejak mendaftar.

Permintaan ini disambut baik oleh Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah, namun menurutnya, saat ini pemerintah Arab Saudi masih mengutamakan kualitas dalam pelayanan juga keselamatan dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Namun kuota bisa saja di tambah jika ada negara lain yang mengurangi jatah kuota haji, sehingga bisa dilimpahkan ke Indonesia.

Sumber Informasi bisa di akses pada laman https://www.kemenag.go.id/read/kuota-haji-2023-sebanyak-221-ribu-tidak-ada-pembatasan-usia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *