UPTD LITBANG YANG KURANG BERFUNGSI

“…dengan adanya keberadaan pihak UPTD LITBANG menjadi peran penting. Akan tetapi keberadaanya tersebut belum terlihat berdampak positif, yang dirasakan oleh para pengrajin keramik pada umumnya yang ada di desa Anjun kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Jauh sekali harapannya.”

Kerajinan merupakan salah satu usaha yang banyak di minati banyak orang, selain itu juga kerajinan sangat berdampak pada ekonomi kerakyatan di Indonesia. Seperti halnya kerajinan keramik gerabah yang ada di daerah Anjun Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta.

Read More

Seiring dengan perkembangannya, keramik gerabah banyak perubahan yang signifikan dalam segi produk, desain, finishing, hingga marketing.

Semisal dalam sisi pola marketingnya, hal yang paling mendasar di takuti adalah ketika nuansa pariwisata menurun. Karena itu sangatlah berdampak pada pemasaran dan juga harga jual keramik gerabah itu sendiri. Karena pada dasarnya kerajinan apapun salah satunya akan bergantung dengan sektor pariwisata.

Jadi ketika pariwisata anjlok, maka kerajinan pun minat belinya akan menurun. Jadi kedua sektor ini sangat erat hubungannya dengan segi ekonomi kerakyatan.

Ada peran penting yang harus mampu memberi solusi ketika hasil kerajinan anjlok dalam hal pemasaran yaitu keberadaan pihak UPTD LITBANG yang seharusnya membantu dalam segi marketing (solusi).

Tapi sejauh ini, dengan adanya keberadaan pihak UPTD LITBANG menjadi peran penting. Akan tetapi keberadaanya tersebut belum terlihat berdampak positif, yang dirasakan oleh para pengrajin keramik pada umumnya yang ada di desa Anjun kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Jauh sekali harapannya.

Seharusnya UPTD LITBANG mampu menjembatani atau juga memberi solusi ketika pemasaran kerajinan keramik lesu dan sepi. Jangan lantas hanya berleha-leha atau menutup mata bahkan tak peduli sama sekali.

Lantas apa fungsi dan juga tugas UPTD LITBANG yang sebenarnya?

Sangat ironis, dikala para pengrajin keramik menjerit dengan kondisi yang sulit. UPTD LITBANG malah tak mau ambil peduli dengan kondisi para pengrajin keramik gerabah.

Kehadiran UPTD LITBANG ternyata tak berdampak apa-apa buat para pengrajin keramik di desa Anjun Kecamatan Plered Purwakarta.

Akankah ini dibiarkan berlarut larut, sampai akhirnya tak ada lagi pengrajin keramik yang tersisa di desa Anjun Plered Purwakarta?

Ingat, kerajinan keramik gerabah itu sudah jadi salah satu ikon kota Purwakarta dan sudah memancanegara. Jangan sampai budaya pembuatan kerajinan tanah liat ini akan hilang tak ada generasi penerusnya di karenakan kurang menjanjikan. Sungguh disayangkan, buat dinas dinas terkait mohon diperhatikan kelangsungan hidup para pengrajin keramik gerabah ini.***

Kisabumi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *