BANDUNG, – Nama Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa muncul dalam survei prapilkada 2018 yang digelar Indo Riset Konsultan di Jakarta, Rabu (2/2) lalu. Nama Iwa termasuk salah satu kandidat calon wakil Gubernur Jabar yang dianggap layak bersaing di pilkada Jabar.

Hasil survei itu bahkan menempatkan Iwa pada posisi lebih baik dibanding nama istri Gubernur Jabar, Netty Prasetyani Heryawan.

Nama Iwa masuk dalam survei yang menguji tingkat popularitas, tingkat kedisukaan, dan tingkat elektabilitas 16 nama. Ada pun 16 nama yang diuji tersebut adalah Bima Arya, Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Dedi Mulyadi, Desy Ratnasari, Haris Yuliana, Iwa Karniwa, Maman Imanul Haq, Mochammad Iriawan, Netty Prasetyani Heryawan, Nurul Arifin, Puti Guntur Soekarno, Ridwan Kamil, Saan Mustopa, TB Hasanuddin, dan UU Ruzhanul Ulum.

Dari 16 nama diuji cuma empat nama memiliki tingkat popularitas di atas 70 persen. Mereka adalah Deddy Mizwar (94%), Dede Yusuf (89,5%), Desy Ratnasari (86,6%), Ridwan Kamil (74,2%). Sedangkan tingkat kedisukaan tertinggi dimiliki oleh Ridwan Kamil (92,2%), disusul Dede Yusuf 86,5% dan Deddy Mizwar 86,3% dalam posisi tiga teratas.

Dari sisi elektabilitas (tingkat keterpilihan), posisi tiga besar kembali diisi oleh Ridwan Kamil (37,50%), kemudian disusul secara berturut-turut oleh Deddy Mizwar (29,17%), dan Dede Yusuf (15,25%). Di posisi keempat dan seterusnya ada nama Dedy Mulyadi (4,42%), Desy Ratnasari (2,67%), Bima Arya (1,67%), UU Ruzhanul Ulum (1,50%), TB Hasanuddin (0,67%), Puti Guntur Soekarno (0,58%), Saan Mustopa (0,58%), Netty Prasetiyani Heryawan (0,17), Nurul Arifin (0,17%), Haris Yuliana (0,08%), Iwa Karniwa (0,08%), Maman Imanul Haq (0,08%) dan Mochammad Irawan (0,08%). Sedangkan responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 5,33%.

Meski muncul nama-nama baru, Direktur Program Indo Riset, Bawono Kumor menilai pilkada Jawa Barat tahun depan akan menjadi arena pertarungan tiga kandidat kuat. Yaitu Ridwan Kamil, Deddy Mizwar dan Dede Yusuf.

“Dengan melihat tingkat elektabilitas para calon gubernur Jawa Barat berdasarkan hasil survei kami tersebut, pilkada Jawa Barat akan menjadi pertarungan tiga tokoh, Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dede Yusuf. Saat survei dilakukukan Ridwan Kamil masih teratas dengan keterpilihan sebesar 37,5%, disusul Deddy Mizwar (29,17%), dan Dede Yusuf (15,25%),” kata Bawono dalam rilis yang diterima Tribun, Jumat (3/2).

Namun yang cukup mengejutkan dalam survei sebagai kandidat yang dianggap paling pantas sebagai calon Wakil Gubernur Jabar 2018, nama Sekda Jabar Iwa Karniwa masuk sebagai salah satu kandidat calon wakil gubernur terfavorit. Nama Iwa bahkan mengalahkan nama istri Gubernur Jabar, Netty Prasetyani Heryawan.

Nama Iwa muncul bersama beberapa nama baru lainnya seperti nama Kapolda Metro Jaya Mochamad Iriawan, Puti Guntur Soekarno, dan Ustad Maman Imanul Haq.

Sekda Jabar Iwa Karniwa sendiri saat dimintai komentar oleh wartawan soal namanya yang masuk sebagai calon wakil gubernur yang dianggap layak, hanya tertawa dan berseloroh. “Kok bisa masuk survei?” ujar Iwa tanpa berkomentar lebih lanjut saat ditemui di Gedung Sate, Jumat (3/2). (tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here