Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF U-18. Duel akan berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar pada Kamis (7/9/2017) malam WIB.

Ini akan menjadi laga kedua bagi pasukan Indra Sjafri. Mereka menatap laga ini bermodalkan hasil positif setelah menang 2-1 atas tuan rumah Myanmar pada pertandingan perdana.

Melihat catatan statistik, Filipina tidak terlalu digdaya dalam event ini. Mereka memiliki catatan yang kurang baik dalam gelaran kompetisi dua tahunan antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Filipina ternyata hanya menang sekali pada tiga gelaran AFF terakhir di Laos (2015), Indonesia (2013) dan Myanmar (2011). Dari total 12 kali pertandingan penyisihan dalam tiga gelaran tersebut, Filipina mencatatkan 1 kemenangan, 1 seri dan 10 kekalahan.

Satu-satunya kemenangan Filipina dalam ajang AFF U-18 dicatatkan pada tahun 2015. Pada pertandingan di Grup A, Filipina menaklukkan Brunei Darussalam dengan skor 2-1 melalui brace alias dua gol Mathew Custodio.

Sementara itu hasil seri yang diraih Filipina terjadi pada AFF U-18 2011 di Myanmar. Filipina menahan imbang Singapura dalam laga perdana Grup A dengan skor 1-1.

Pada gelaran AFF U-18 2013 di Indonesia, Filipina bahkan menelan empat kekalahan dan tersungkur di dasar klasemen Grup A.

Meskipun demikian, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tidak boleh menganggap enteng lawan. Kejutan bisa saja terjadi jika tidak waspada. (KOMPAS.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here