Timnas Indonesia U-19 akan mulai berlaga dalam Piala AFF U-18 yang berlangsung di Myanmar mulai Selasa, 5 September 2017. Dalam laga pertama, timnas akan menghadapi tim tuan rumah.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan anak asuhnya sudah siap tempur untuk laga nanti. Ia sudah mempersiapkan tim dengan baik dan fisik pemain juga sudah oke.

“Kami tanamkan setiap lawan adalah penting untuk kita. Kami tidak boleh menganggap enteng lawan juga,” kata Indra. “Saya senang kalau masyarakat berharap dengan doa yang ikhlas. Jangan ada kebencian di sepak bola, kami minta doa yang tulus agar kami juara Piala AFF U-18.”

Sebelum berlaga dalam Piala AFF U-18, timnas U-19 telah melakoni berbagai uji coba. Di level internasional mereka mengikuti Turnamen Toulon di Prancis, antara lain melawan Brasil (0-1), Republik Cek (0-2), dan Skotlandia (1-2). Timnas juga meladeni Espanyol B (2-4).

Untuk uji coba lokal di antaranya pernah mengalahkan Persija Jakarta 1-0 dan imbang 2-2 dengan PSS Sleman.

Kapten timnas, Rachmat Irianto, mengaku di turnamen ini ia dan teman-teman akan bermain lepas dan siap berjuang maksimal demi Indonesia. “Kami ingin membawa pulang Piala AFF U-18. Kami akan berjuang keras, dan tidak boleh meremehkan lawan,” kata dia.

Ia juga mengingat rekan setimnya untuk tidak gampang terpancing emosinya. “Kami harus fokus dan konsentrasi di setiap laga,” kata Rachmat Irianto.

Di Piala AFF kali ini, Indonesia berada di Grup B bersama Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Brunei.

Berikut ini jadwal lengkap untuk timnas Indonesia U-19.

5 September 2017:
18.30 Indonesia vs Myanmar (Indosiar)

7 September:
18.30 Filipina vs Indonesia (Indosiar)

11 September:
15.30 Indonesia vs Vietnam (Indosiar)

13 September:
15.30 Brunei vs Indonesia (Indosiar)

Indra Sjafri membawa 23 pemain timnas Indonesia U-19 untuk berlaga di turnamen tersebut. Berikut ini daftarnya:

Kiper: Muhammad Riyandi, Gianluca P. Rossy, dan Aqil Savik.

Belakang: M. Rifad Marasabessy, Dedi Tri Maulana, Rachmat Irianto, Julyano Pratama Nono, Kadek Raditya, Firza Andika, Irsan Lestaluhu, Samuel Christianson, dan Nurhidayat Haris.

Tengah: Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Resky Fandi Witriawan, Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Iqbal, Feby Eka Putra, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan M. Lutfi Kamal.

Depan: Hanis Saghara Putra dan M. Rafli Mursalim.
(TEMPO.CO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here