Kabupaten Purwakarta, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia terletak ±80 km sebelah timur Jakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Barat dan sebagian wilayah Utara, Kabupaten Subang di bagian Utara dan sebagian wilayah bagian Timur, Kabupaten Bandung di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya.

Kabupaten Purwakarta berada pada titik-temu tiga koridor utama lalu-lintas yang sangat strategis, yaitu Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung dan Purwakarta-Cirebon.

Luas wilayah Kabupaten Purwakarta adalah 971,72 km² atau sekira 2,81% dari luas wilayah Provinsi Jawa Barat berpenduduk 845.509 jiwa (Proyeksi jumlah penduduk tahun 2009) dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata sebesar 2,28% per-tahun. Jumlah penduduk laki-laki adalah 420.380 jiwa, sedangkan jumlah penduduk perempuan adalah 425.129 jiwa.

Kabupaten Purwakarta memiliki motto Wibawa Karta Raharja. “Wibawa” berarti berwibawa atau penuh kehormatan, “Karta” berarti ramai atau hidup, dan “Raharja’ berarti keadaan sejahtera atau makmur. Sehingga “Wibawa Karta Raharja” dapat diartikan sebagai daerah yang terhormat/berwibawa, ramai/hidup, serta makmur atau sejahtera. (Wikipedia)

 

Makanan khas Purwakarta

  1. Sate Maranggi, yang membedakan dengan sate lainnya adalah bumbu kecapnya yang diolah hingga memiliki cita rasa unik-asam, manis, pedas. Disamping sate maranggi, rumah-rumah makan khas Sunda yang menyajikan ikan bakar, pepes, ayam goreng lengkap dengan sambal dadakan juga banyak terdapat di Purwakarta.Oleh-oleh khas Purwakarta adalah simping, peuyeum Bendul, gula aren Cikeris, manisan pala, teh hijau, colenak, dan opak. (cyberwanayasa.blogspot.com).
  1. Simping adalah makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis, biasanya berwarna putih, dan rasanya gurih. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali (rambut-rambutan). simping terdiri dari beberapa rasa antara lain: keju, kencur, jahe, strawberry, coklat, nangka, pandan, dll

 

  1. Ada istilah kalau di bendul sukatani banyak binatang berkeliaran tidak di ikat contohnya singa, kuda gajah dll, tapi tape/peuyeum di sepanjang jalan itu semuanya diikat atau digantung, itulah uniknya peuyeum bendul purwakarta.

Dan uniknya lagi peuyeum bendul kalau dilihat dari kejauhan kelihatan tegar, padahal kalau dipegang hipu apalagi kalau dimakan pasti akan ketagihan dengan namanya peuyeum bendul.

Selain peuyeum bendul, sentra peuyeum di sukatani bendul ini, juga menyediakan aneka makanan ringan buat oleh-oleh ringan; mulai dari manisan, hui cilembu, kerupuk, colenak, simping purwakarta, dan aneka makanan lainnya yang bisa untuk buah tangan atau

  1. Opak

Opak adalah makanan khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras. Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah karbohidrat. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras, garam, gula, dann bumbu bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. Adonan kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas bara api.

  1. Rangginang

Yaitu makanan yang terbuat dari ketan yang di kukus lalu pipihkan, setelah itu di jemur sampai kering. bila ingin memakannya harus di goreng terlebih dahulu. rasa rangginang ini sungguh gurih dan lezat apalagi bila campuran rangginang ini dicampur dengan terasi, wah…. aromanya wangi dan rasanya lebih nikmat. O’iya, rangginang ini biasanya ada 2 macam, ada yang terbuat dari ketan putih dan ada juga yang terbuat dari ketan hitam.

 

  1. Manggis atau Manggu

pasti kalian tidak asing dengan buah yang satu ini yaitu manggis atau dalam bahasa sunda-nya manggu . Buah yang satu ini merupaan icon dari wanayasa, yaitu kota bagian timur dari purwkarta. jika kalian ke purwakarta atau ke wanayasa jangan lupa beli oleh2 ini untuk kerabat karena di sini sangat murah.

  1. Colenak

Yaitu  makanan yang berbahan peuyeum/tape yang dibakar lalu ditambah bumbu manis yang terbuat dari kelapa+gula merah (di jawa barat biasa disebut “enten”) lalu di kasih taburan kacang garing yang disangrai (wih…. ada sensasi kriuk..kriuknya ) makanan ini lebih nikmat bila dimakan selagi panas.

  1. Gula Cikeris

Gula ini terbuat dari air nira, rasa dari gula ini sangat gurih dan manis.

Sumber: munatades4.blogspot.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here