Kabupaten Purwakarta diramaikan oleh Pawai Toleransi Umat Beragama pada Jumat (28/7). Pawai ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Purwakarta ke 186 tahun dan juga Kabupaten Purwakarta yang ke 49 tahun.

Dalam pawai ini, umat dari seluruh agama seperti Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha dan Kong Hu Chu turut berpartisipasi. Masing-masing umat menampilkan atraksi terbaiknya, seperti bernyanyi lagu rohani dengan angklung, menarikan tarian khas Batak dan Nias, atraksi barongsai, dan tarian Barong dari Bali.

Pawai ini dimulai dari Pasar Jumaah, Jl Jendral Sudirman dan berakhir di gerbang kompleks pendopo Pemda Purwakarta. Pawai Toleransi Umat Beragama ini merupakan simbol perwujudan Sila Pertama Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Rencananya, selama empat pekan kedepan akan terus diselenggarakan pawai yang dijadikan simbolisasi dari masing-masing sila dalam Pancasila. Semua ini merupakan bagian dari pelaksanaan peringatan Hari Jadi Purwakarta yang mengusung tema Sunda Spirit Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here