Ada yang lain dari kegiatan Bimbingan Teknis Informasi Dan Teknologi Bagi Aparatur Desa Se Kabupaten Karawang yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dan Pemkab Purwakarta di gedung Singaperbangsa, Karawang pada Rabu (26/4).

Acara yang didukung IT Cermat itu seketika menjadi semarak karena kedatangan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, yang didampingi Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Dalam kesempatan itu, Dedi menegaskan pentingnya informasi teknologi untuk memajukan pedesaan. Menurut pria yang juga berasal dari desa itu, kemajuan teknologi bisa membantu perekonomian desa, terutama dalam hal branding dan packaging.

“Ketika keunggulan desa itu sudah dikemas dengan tepat melalui packaging, teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan keunggulan desa itu secara masif,” ujar Dedi.

Dedi menegaskan, teknologi tidak boleh membuat produktivitas warga desa menjadi turun. Sehingga akhirnya desa hanya menjadi ‘sampah’ karena penggunaan teknologi yang tidak tepat.

“Saya ingin desa menjadi pelopor kebangkitan teknologi, dan menjadi maju karena teknologi. Di Purwakarta misalnya sudah ada kampung gaul, desa yang memiliki jaringan WiFi, serta Juni nanti kami akan meluncurkan ATM Beras untuk ketahanan pangan desa,” kata Dedi.

Sementara itu, Bupati Cellica sepakat bahwa teknologi yang kian maju harus dimanfaatkan untuk pembangunan desa. Selain itu, teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk mensosialisasikan program-program pembangunan Pemkab.

Disinilah peranan aparatur desa yang terampil teknologi menjadi penting.

“Para aparatur bisa menjadi operator IT desa untuk membantu kelancaran program pembangunan Pemkab, seperti menyebarkan informasi mengenai jalan yang akan kami bangun. Untuk itu, saya akan tingkatkan pendapatan para aparatur yang telah terampil menjadi operator desa,” ujar Cellica.

Penulis : Hiski Darmayana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here