BANDUNG, (PR).- Lima macan tutul Jawa terekam di Gunung Sawal, Ciamis oleh kamera jebak yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar bersama sejumlah lembaga konservasi.

“Dari 20 kamera (yang dipasang) itu, terekam aktivitas dua macan tutul dewasa dan tiga betina di Gunung Sawal,” ujar Perwakilan Conservation Internasional Indonesia Anton Aryo dalam diskusi penanganan konflik Macan Tutul Sawal di Kebon Binatang Bandung, Kota Bandung, Selasa 25 April 2017.

Anton menuturkan, penelitian itu dilakukan sejak 21 Oktober 2016 hingga 2 Februari 2017. Dari 20 kamera yang dipasang secara terpisah, berhasil dikumpulkan 21 foto aktifitas macan tutul. Namun setelah dianalisis, beberapa foto itu masih merupakan objek yang sama.

“Walaupun ada 21 foto, di beberapa lokasi, foto itu memuat individu yang sama. Dia berkeliling di wilayah kekuasaannya mencari makan,” kata dia seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan, daya jelajah macan tutul di Gunung Sawal cukup luas. Dari beberapa gambar yang tertangkap, diperkirakan wilayah kekuasaannya mencapai 8 kilometer per ekor.

Habitat yang tersedia di Gunung Sawal kini hanya mencapai 10.515 hektare. Namun, hanya sekitar 6.000 hektare lahan yang bisa dimanfaatkan sebagai habitat nacan tutul tersebut.

“Tapi kami memperkirakan populasinya di Gunung Sawal itu mencapai 8 ekor dengan perhitungan luasan habitat macan tutul yang ada di Gunung Sawal,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Jabar Sustyo Iriono menyatakan,BKSDA belum bisa memastikan jumlah pasti keberadaan macan tutul di Jawa Barat. Namun berdasarkan temuan di lapangan, ada sekitar 76 titik lokasi yang di dalamnya terindikasi terdapat aktivitas macan tutul.

“Sampai sekarang belum ada penelitian di Jabar terkait populasi macan tutul. Tapi temuan di lapangan ada 76 titik lokasi tempat macan tutul ditemukan dengan sekitar 26 meta populasi,” katanya.

Sebelumnya, dilaporkan tujuh macan tutul Jawa juga tertangkap kamera pengamatan Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, sepanjang September 2016 hingga Februari 2017.

Pengamatan di Suaka Margasatwa Gunung Sawal dilakukan Bidang KSDA Wilayah III Ciamis dengan 20 kamera jebak. Dari jumlah tersebut, 11 kamera berhasil memotret penampakan macan tutul Jawa.

Empat individu dikenali masing-masing dua individu jantan dewasa, satu individu betina dewasa, dan satu individu yang belum diketahui identitasnya. Tiga foto individu lain diduga berbeda dari empat individu teridentifikasi, tetapi bisa dipastikan karena kualitas gambar yang tidak optimal.***

Sumber : pikiran rakyat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here