Pemuda Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung memiliki cara berbeda dalam menjaga kebhinekaan dan persatuan. Mereka memilih menjaga kebhinekaan dan persatuan dengan menuangkan ke bidang olahraga.

Para pemuda di Kecamatan Cicalengka tersebut menjaga kebhinekaan dan persatuan tersebut dengan menggelar kejuaaran bulutangkis yang diikuti ratusan peserta se-Bandung Raya. Pesertanya mulai dari berbagai latar belakang pekerjaan, umur, agama dan suku.

Kejuaraan tersebut digelar di Gor Gedung Siliwangi, Desa Cicalengka Kulon, sejak 28 Maret lalu. Kejuaraan bulutangkis KNPI Cup 2017 tersebut bekerja sama dengan unsur kepemudaan setempat dan beberapa pengusaha.

Tokoh Pemuda Cicalengka, M. Luthfi Hafiyyan mengatakan, digelarnya kejuaraan bukutangkis tersebut bertujuan untuk memperkokoh kebhinekaan yang saat ini sudah mulai tergerus akibat isu-isu politik. Pihak tidak ingin, kebhinekaan yang menjadi identitas warga Indonesia luntur akibat orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Di Cicale dan wilayah Bandung Timur sendiri kebhinekaan sudah sangat kokoh. Menjaga kebhinekaan dengan menuangkan ke olahraga akan lebih diterima masyarakat,” ujar Siupi panggilan akrabnya.

Siupi mengatakan, olahraga seperti bulutangkis yang memang menjadi salah satu cabang olahraga populer di Indonesia dinilai dapat menyatukan visi dan misi masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Bandung yang tidak ingin kebhinekaan rusak akibat isu-isu politik.

“Olahraga sangat relevan sebagai wahana pemersatu dan menyamakan pandangan oleh generasi muda. Selain bisa memperkuat silaturahmi, olahraga terutama bulu tangkis ini sebgai sarana bersosial,” kata dia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here