Partai Nasdem akan mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Minggu (19/3) mendatang. Faktor elektabilitas menjadi salah satu alasan Partai Nasdem mendukung Ridwan Kamil.
“Seperti yang sudah-sudah, komitmen Nasdem itu kan pertama elektabilitas serta kinerja yang bersangkutan,” ujar Irma ketika dihubungi kumparan (kumparan.com), Rabu (15/3).
Selain faktor elektabilitas dan kinerja, Nasdem juga melihat bahwa sosok Ridwan memiliki pemahaman yang baik soal gerakan perubahan, konsep yang menjadi pondasi Partai Nasdem.
“Kita faktor utamanya ya tiga itu, kinerja, elektabilitas dan pemahaman calon tentang restorasi Indonesia. Pak Ridwan memenuhi kriteria ini,” ujarnya.
Irma mengatakan deklarasi ini terjadi karena proses lobi politik yang sudah cukup lama. Menurut dia, Ridwan sudah lama masuk radar Nasdem karena banyak digadang-gadang oleh rakyat untuk menjadi cagub.
“Kami melihat bahwa dengan elektabilitas yang baik berarti rakyat mempercayai beliau. Jadi Nasdem lebih memilih yang disukai rakyat dan dipercayai rakyat,” ujarnya.
Menurut dia, komunikasi dilakukan oleh DPW dan DPD Nasdem yang berada di Jawa Barat. Proses pendekatan itu berujung pada pertemuan Ridwan Kamil dengan sejumlah petinggi Nasdem di Jakarta.
“Dari situ kita melihat bahwa sosok Ridwan Kamil sudah tepat menjadi cagub Jabar,” katanya.
Namun, meski sudah mendeklarasikan dukungan bagi Ridwan Kamil, Irma menyebut bahwa tidak ada perjanjian bahwa Ridwan akan menjadi kader Partai Nasdem. Menurut dia, keputusan tersebut diserahkan kepada Ridwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here