Teater Luhur SMPN I Ciamis. berhasil menyabet juara I Festival Drama Bahasa Sunda (FDBS)/2017 yang digelar Teater Sunda Kiwari Bandung,di Gedung Kesenian Rumentang Siang Bandung.
Teater Luhur SMPN I Ciamis berhasil ke luar sebagai juara I setelahnya menyisihkan 79 teater pelajar se-Jabar.
Pada ajang FDBS itu sendiri Teater Luhur SMPN I Ciamis yang menurunkan 44 pelajar mementaskan teater mengambil
naskah cerita Pasalia dari lima naskah yang ditetapkan panitia yakni meliputi Salayar Dami, Durum, Pasalia, Belis dan Pret.
Produser Teater Luhur, Dadang Q-Mos,yang juga guru SMPN I ciamis mengapresiasi bangga akan keberhasilan anak asuhnya di level jabar ini.
“Tentunya kita bersukur bangga dengan keberhasilan ini yang mana anak anak kami ini telah mampu tampil ataupun memerankan teater yang sempurna hingga mampu menjadi juara, “ungkap Dang Q, Senin (10/4/2017).
Dengan ini lanjut Dangqi, semua setidaknya teater luhur SMPN I Ciamis tak hanya membawa nama harum sekolah saja namun lebih luasnya telah membawa nama harum Ciamis ini.
“Tentunya ini semua nerupakan buah kerja keras serius kami dan dukungan. Semua pihak civitas ajadenik serta orang tua siswa selama ini, “tegas Dang Q.
Dari ini semua Dang Q menyebut teater Lujur SMPN I Ciamis akan menjadi duta teater jabar pada festival teater nasional.
Diungkapkan Dang Q,pada penampilan teater Luhur SMPN I Ciamis yang menampilakan naskah absurt mengambil tema cerita Pasalia itu setiap karakter anak anak mampu tampil sempurna menyampaikan peran hingga mampu menguatkancerita yang  disampaikan.
“Pastinya penampilan anak anak mampu sempurna hingga kami bisa berhasil, “ungkapnya.
Dang Q menyebut, sebenarnya di Ciamis ini seperti halnya di teatrrsnya di lingkup sekolah terdapat banyak para soneas potensial.
“Namun sayangnya hingga sela ini para sineas potensial ini tersandung dengan sarana yang terbatas seperti halnya gedung kesenian hingga pementasannya kerap tehalang, “ungkapnya
Tak bisa kita pungkiri di Ciamis ini terdapat pula gedung kesenian namun demikian kiranya belim memenuhi standar nasional.
“Dengan ini saja kiranya kami dan para sineas seniman tatar galuh ini merasa tersandung untuk mementaskan seni, “ungkap Dang Q.
Untuk hal ini lanjut dia pihalbya mew al ili para seniman  berharao banyak Pemerintah yerkait intuk menyempurnakan gedung kesenian hingga para seniman tatar galuj Ciamis ini kebih leluasa lagi menyalurkan hasil kreasianya.
“Kiranya apa lagi yang ditunggu, para sineas potensial banyak seniman banyak,prestasi telah dibuktikan tinggal hanya sarana yang kami butuhkan,”ungkapnya.
Sumber : http://fokusjabar.com/2017/04/11/teater-luhur-juara-fdbs-tingkat-pelajar-se-jabar/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here