Ratusan guru Bahasa Sunda perwakilan dari tiap sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis ikuti Diklat Bahasa Sunda Sabtu-Minggu (11-12/3/2017) di Graha Ayu, Jalan Yos Sudarso Ciamis.

Ketua Pelaksana Diklat,  Bambang Wahyu mengatakan, kegiatan tersebut dalam upaya menggugah kembali rasa kecintaan terhadap bahasa Sunda.

“Pendidikan dan latihan bahasa Sunda sengaja kami selenggarakan untuk menggugah kembali agar tidak dilupakan,” katanya.

Menurut Bambang, selama ini generasi sekarang sudah banyak yang tidak menggunakan bahasa Sunda dalam keseharianya maka Diklat tersebut digelar untuk melatih para guru bahasa Sunda agar bisa menyampaikan lagi kepada para siswanya disekolahnya masing-masing.

“Diklat ini dilaksanakan agar nantinya para peserta bisa mengembangkan lagi Bahasa Sunda disekolahnya masing-masing dengan tata bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah Bahasa Sunda,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien mengatakan, sebagai orang Sunda kita harus selalu peduli terhadap bahasa sendiri. Selain peduli terhadap bahasa sendiri orang Sunda juga harus peduli dengan aset-aset budaya Sunda.

“Bahasa Sunda harus digunakan dan tetap dipelihara dengan kaidah-kaidah bahasanya yang baik dan benar dikehidupan kita sehari-hari,” ungkapnya.

Sumber : http://fokusjabar.com/2017/03/12/bahasa-sunda-harus-tetap-digunakan-setiap-hari/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here