Gaya arsitektur bangunan markas Komando Rayon Militer (Koramil) di Jawa Barat dalam waktu dekat akan diubah menjadi khas Sunda. Bukan hanya bangunannya, patung harimau juga akan diganti agar lebih ‘garang’.

Rencana renovasi markas Koramil ini tercetus saat Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berkunjung ke Markas Kodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (20/3/2017). Dedi mengusulkan Purwakarta menjadi proyek percontohan (pilot project).

“Saya memberikan usul tentang pembangunan Koramil dan Kodim yang nantinya memiliki desain arsitektur khas Siliwangi atau Sunda,” kata Dedi.

Dedi mengaku rencana renovasi markas-markas TNI di Jabar itu sudah mendapat restu dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra. Untuk permulaan, percontohan pembangunan akan dilakukan di Purwakarta.

“Nanti prototipenya akan ada di Purwakarta, termasuk patung harimau (Sancang), yang melambangkan kewibawaan dan kegagahan, akan kami bangun,” ungkap dia.

“Agar semuanya seragam, tidak ada lagi istilah harimau lucu,” dia menambahkan.

Tidak hanya renovasi arsitektur bangunan dan patung harimau, rencananya markas TNI di Purwakarta juga akan dibuatkan museum diorama digital. Nantinya, museum itu berisikan sejarah mengenai perjalanan Siliwangi hingga menjadi Kodam.

“Khusus menceritakan sejarah dari mulai Siliwangi jadi raja sampai Siliwangi jadi Kodam. Nanti juga sejarah long march Siliwangi dari Jogja, Aceh, nanti dibuat,” jelas Dedi.

Menurut Dedi, kedatangannya ke Kodam III/Siliwangi atas permintaan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra. Pangdam menganggap Dedi sebagai sosok yang mengerti tentang sejarah tatar Sunda. Dedi pun menjadi inisiator rencana renovasi ini.

Dedi berharap, setelah proyek percontohan 6 Koramil dan 1 Kodim di Purwakarta berhasil, kepala daerah lain di Jabar melakukan hal yang sama. Pasalnya, TNI memiliki keterbatasan biaya untuk mewujudkan semua itu.

“Kalau saya di Purwakarta bisa menggunakan APBD. Saya harap teman (kepala daerah) di Jabar juga bisa ikut membantu renovasi ini,” ucap Dedi.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3451582/purwakarta-akan-jadi-pilot-project-markas-koramil-bergaya-sunda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here