Konsistensi Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam menjalankan kebijakan dengan mendasarkan pada falsafah Sunda mendapat pengakuan dan penghargaan dari kepala daerah lain di Jawa Barat. Salah satunya adalah dari Bupati Garut, Rudi Gunawan.

Di sela acara Ruwatan Lembur dan peresmian Patung Harimau Koramil 1123 di Cisewu, Garut, Jawa Barat, akhir pekan lalu, Rudi memberikan penghargaan kepada Kang Dedi, sapaan Dedi Mulyadi, sebagai tokoh inspirasi pembangunan berbasis kebudayaan.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (3/4), Rudi Gunawan menyebutkan, bukan hanya aspek kebudayaan yang menjadi inspirasi dari sosok Dedi Mulyadi. Lebih dari itu, Dedi juga dinilai memiliki rasa empati sosial yang sangat dirasakan masyarakat di Garut.

Dia mencontohkan, Dedi membantu warga Garut yang menjadi korban banjir dan menyumbang patung harimau untuk Koramil Cisewu. “Kami di sini merasa dibantu dalam berbagai aspek, mulai dari bencana alam, masalah sosial, sampai falsafah pembangunan berbasis kebudayaan. Yang terbaru adalah soal patung harimau di kantor Koramil di Cisewu,” kata Rudi.

Dedi juga menjadi kuasa dan membantu Siti Rokayah (83) atau akrab disapa Mak Amih, salah seorang warga Garut yang digugat anak kandungnya secara perdata senilai Rp 1,8 miliar. Rudi berterima kasih atas waktu, tenaga, dan pikiran yang dicurahkan Dedi untuk membantu warganya tersebut.

“Soal Ibu Rokayah, Kang Dedi juga sangat peduli di sela kesibukannya sebagai kepala daerah di Purwakarta. Dia membantu tanpa pamrih sama sekali,” tuturnya.

Sementara, Dedi mengapresiasi penghargaan yang diberikan Bupati Garut itu. Dia pun mengucapkan terima kasih dan mengaku sebagai orang Sunda, sudah selayaknya saling membantu dengan semangat asah, asih, dan asuh.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Apa yang saya lakukan itu hanya sebagai orang Sunda saja. Apalagi, Garut memiliki sejarah panjang Siliwangi,” katanya.

Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/423063-bupati-purwakarta-dinilai-konsisten-terapkan-falsafah-sunda.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here