INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta, akan membuat sebuah suguhan spektakuler bagi masyarakat dalam waktu dekat ini. Yakni, gelaran festival Bela Diri Dunia yang akan diikuti para pendekar dari tujuh negara. Masing-masing, Amerika, Swiss, Italia, Belanda, Brunei Darrusalam, Singapura, serta dari Indonesia sendiri.
Kabid Olahraga, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta, Iwan Kartiwan mengatakan, ‎para ahli beladiri di tujuh negara ini sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut memeriahkan acara tersebut. Untuk waktunya sudah terjadwal, yakni tanggal 21 April mendatang.
“‎Untuk tempat pelaksanaannya, rencananya di panggung terbuka Taman Sri Baduga (Situ Buleud),” ujar Iwan kepada INILAH, Jumat (7/4/2017).
Iwan menjelaskan, festival yang akan mempertontonkan seni beladiri ini akan dikhususkan mengambil cabang olahraga Pencak Silat. Jadi, para pendekar dari tujuh negara ini akan menampilkan gerakan Pencak silat yang mereka kuasai.
“Kenapa dipilih Pencak silat, karena kami sekaligus‎ ingin tahu sejauh mana bela diri khas tanah air ini berkembang di belahan negara lain,” jelas dia.
Tahun lalu, kata dia, pemkab pun menggelar festival serupa. Hanya saja, saat itu seni bela diri yang dipertunjukan bervariasi. Jadi, disesuaikan dengan bela diri khas negara masing-masing. Tapi, kali ini lebih difokuskan pada Pencak silat.‎ Adapun perwakilan dari Indonesia sendiri, akan diambil dari sejumlah daerah. Salah satunya, Garut.
“Yang perlu kami tegaskan, festival ini bukan ajang adu ketangkasan. Tapi, pertunjukan seni bela diri yang dilihat dari sisi estetika,” imbuh dia.
Menurut dia, selama ini bela diri selalu dipahami dari sisi aspek kekerasan bukan dari ‎seni estetikanya. Makanya, dengan pagelaran ini masyarakat bisa lebih mengerti tentang arti seni bela diri yang sesungguhnya. Tujuan lain dari acara tersebut, tak lain untuk membangun komunikasi budaya antar negara.
Sumber : http://www.inilahkoran.com/berita/jabar/68054/purwakarta-gelar-festival-bela-diri-dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here