INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta mengintruksikan supaya kepala desa lebih kreatif membangun wilayahnya. Salah satunya, harus mampu mengelola sampahnya masing-masing. Sehingga, tidak ada lagi sampah yang berserakan akibat masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, pihaknya akan terus mendorong supaya setiap penjuru kota dan desa bisa bersih dari sampah. Namun, dalam hal ini pemerintah tak bisa bekerja sendiri. Jadi, harus keterlibatan dari aparatur tingkat bawah, serta masyarakat.
“Kades harus lebih kreatif, supaya kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya semakin terdongkrak lagi,” ujar Dedi kepada INILAH, Jumat (7/4/2017).
Dedi mengaku, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh kepala desa untuk mengatasi persoalan sampah ini. Jangan sampai, seluruh sampah rumah tangga masyarakat dibebankan ke pemkab (instansi terkait). Mengingat, armada dan petugas sampah yang selama ini melayani masyarakat jumlahnya sangat terbatas.
Sehingga, kata dia, tidak semua desa bisa terlayani. Untuk itu, kedepan pihaknya ingin masing-masing desa memiliki alat untuk mengelola sampah sendiri. Untuk pembelian alatnya, bisa dianggarkan melalui APBD. Tinggal pemerintahan desanya, mengajukan proposal bantuan ke pemkab.
Menurut Dedi, sebenarnya desa mampu mengelola sampah masyarakatnya. Apalagi, di desa itu lahannya luas-luas. Lahan tersebut, bisa untuk mengolah sampah. Baik yang organik maupun anorganik. Jadi, sampah organik bisa dijadikan kompos. Sedangkan, sampah anorganik bisa dipilah-pilah lagi, mana yang punya nilai ekonomis mana yang tidak.
Dedi menambahkan, ‎tujuan dari kebijakan yang digulirkannya ini bukan semata-mata ingin mengejar penghargaan Adipura. Tapi, dalam hal ini pihaknya ingin Purwakarta menjadi daerah bersih‎. “Adipura bukan target kami. Terpenting bagi kami, wilayah kami menjadi kabupaten bersih,” tambah dia
Sumber : http://www.inilahkoran.com/berita/jabar/68057/dedi-mulyadi-minta-kepala-desa-kreatif-mengelola-sampah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here