Purwakarta telah berinovasi dengan membangun sejumlah tempat pariwisata mulai dari taman kota, air mancur hingga perpustakaan berbasis digital. Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, akan memiliki wahana wisata berbasis olah raga bernama Wahana Jaya Perkasa.

Wahana Jaya Perkasa berlokasi di daerah Kelurahan Sindang Kasih, Kecamatan Purwakarta Kota atau semula bernama kompleks Stadion Purnawarman Purwakarta.

Di lokasi itu tersedia berbagai fasilitas olah raga. Mulai dari lapangan bola basket, futsal, tenis, pingpong, anggar, bulu tangkis, hingga kolam renang. Selain itu, mulai tahun ini stadion sepak bola berkapasitas 35 ribu penonton juga akan dibangun.

Di area wahana itu juga nantinya bakal dibangun taman terbuka dan air mancur sebagai alternatif setelah Taman Sri Baduga Maha Raja.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, pembangunan seluruh fasilitas itu saat ini dalam tahap penyempurnaan. Nantinya, ia berharap tidak saja sebagai wahana olah raga, tapi bisa menjadi tempat wisata dan banyak dikunjungi masyarakat.

“Sarana olah raga itu harus memiliki unsur pariwisata, unsur seni dan sejarah,” ucap Dedi di Purwakarta, Selasa (17/1/2017).

Untuk menjadikan wahana olah raga sebagai tempat wisata, nantinya di setiap lorong gedung akan dibangun diorama berbasis digital. Di setiap arena akan digambarkan sejarah hingga perjalanan para atlet yang berjaya di setiap bidangnya.

“Jadi di setiap lorong kita sesuaikan dengan cabang olah raganya. Nanti di lorong sepak bola, misalnya, kita siapkan diorama tentang sepak bola. Begitu juga dengan olah raga lain. Semuanya berbasis digital,” ujar Dedi.

“Sehingga yang datang ke sini, datang bukan untuk berolah raga saja, tetapi untuk menikmatinya,” Dedi menambahkan.

Sumber : http://regional.liputan6.com/read/2829882/purwakarta-bakal-punya-wahana-wisata-olah-raga-seharga-rp-300-m

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here