Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta bakal membangun kawasan olahraga bernama Wahana Jaya Perkasa. Kawasan yang berlokasi di Kelurahan Sindang Kasih, Kecamatan Purwakarta Kota itu akan dibangun fasilitas berbagai cabang olahraga seperti basket, futsal, bulu tangkis, hingga kolam renang.

Wahana Jaya Perkasa juga rencananya akan dibangun stadion sepakbola dengan kapasitas mencapai 35 ribu penonton, dan di sekitar lokasi bakal dibangun taman terbuka dan air mancur sebagai alternatif setelah taman Sri Baduga Maha Raja.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, mengatakan pembangunan seluruh fasilitas itu saat ini dalam tahap penyempurnaan dan ke depan diharapkan bukan saja sebagai wahana olahraga tetapi juga bisa menjadi tempat wisata dan banyak dikunjungi masyarakat.

“Saran olahraga itu harus memiliki unsur pariwisata, seni, dan sejarah,” kata Dedi, Selasa (17/1).

Untuk menjadikan wahana olah raga sebagai tempat wisata ke depan, di setiap lorong gedung, akan dibangun diorama berbasis digital dan di setiap arena digambarkan sejarah hingga perjalanan para atlet yang berjaya di bidangnya.

“Jadi di setiap lorong kita sesuaikan dengan cabang olahraganya, nanti di lorong sepak bola, misalnya, kita siapkan diorama tentang sepakbola, begitu juga dengan olahraga lain. Semuanya berbasis digital,” ujar Dedi. “Sehingga yang datang ke sini, datang bukan untuk berolahraga saja tetapi untuk menikmatinya,” tambah Dedi.

Demi mewujudkan konsep wisata berbasis olah raga, dikatakan Dedi, pihaknya menganggarkan dana Rp 100 Miliar, atau secara keseluruhan menghabiskan biaya Rp 300 Miliar sejak pembangunan pada 2015 lalu.

“Anggarannya murni dari APBD, kalau daerah lain kan bicaranya kalau ada proyek seperti Porda atau PON. Kalau di sini adalah inisiatif dari kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelas Dedi.

Dedi juga menjelaskan. Sebagai sarana penunjang, dalam waktu dekat juga segera dibangun akses jalan dari setiap penjuru dengan lebar mencapai 12 Meter.

Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/purwakarta-bakal-miliki-wahana-wisata-berbasis-olahraga.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here